Tutorial Lengkap Shaping di CorelDraw (bagian 3)

NAVIGASI
Bagian 1 Bagian 2 <BAGIAN 3>

Mohon maaf sebelumnya atas keterlambatan bagian ketiga ini. Sebenarnya udah semingguan ini lagi gak enak badan. Yah, jadinya pas ada waktu senggang, lebih banyak digunakan untuk istirahat. Oke, gak usah basa-basi lagi, ini adalah kelanjutan dari Tutorial Shaping sebelumnya. Di bagian ini akan menjelaskan shaping sisanya, yaitu Simplify, Front Minus Back, dan Back Minus Front.

 

  1. Simplify

Simplify memiliki fungsi yang hampir sama dengan trim, yaitu untuk memotong objek. Namun, bedanya, simplify tidak terpengaruh mau objek mana yang dipilih terlebih dahulu atau yang belakangan. Konsep pemotongannya simplify adalah objek yang berada lebih di atas yang akan memotong objek-objek di bawahnya. Pemotongannya simplify ini sekaligus, artinya bila menyeleksi banyak objek (lebih dari dua), maka ke semua objek, kecuali yang paling atas, otomatis akan terpotong. Dan cara pemotongannya adalah objek yang paling bawah akan terpotong oleh objek-objek di atasnya, objek di atasnya akan terpotong oleh objek-objek yang lebih di atasnya lagi, dan begitu pula seterusnya. Untuk lebih mudah memahaminya, perhatikan Gambar 8 berikut.

Shaping 8
Gambar 8. Memotong objek dengan simplify

Seperti terlihat pada Gambar 8 tersebut, ketika ketiga objek terpilih diberlakukan simplify, maka objek kotak yang berada paling bawah terpotong oleh objek segitiga dan lingkaran yang berada di atasnya. Sementara itu, objek segitiga terpotong oleh objek lingkaran yang berada lebih di atasnya, tapi tidak terpotong oleh objek kotak, karena objek segitiga berada di atas objek kotak. Yah, kalo ngeliat kayak gini sih, ESA bisa bilang bahwa simplify ini adalah nested back minus front (back minus front bertingkat).

 

  1. Front Minus Back

Dari namanya, ESA rasanya shaping yang ini sudah jelas, depan dikurangi belakang. Yah, kurang lebih front minus back artinya menghilangkan bagian dari objek teratas dengan bagian yang dimiliki oleh objek-objek di bawahnya. Lebih mudahnya, dapat melihat contoh di Gambar 9 berikut.

Shaping 9
Gambar 9. Front minus Back

Karena yang namanya juga depan dikurangi belakang, maka tool shaping ini gak terpengaruh mau dipilih duluan atau belakangan, hasilnya akan sama saja, tidak seperti trim dan lainnya. Dan juga karena ini dikurangi, maka otomatis hanya akan memberikan objek hasilnya saja (objek dasar & objek pemotong otomatis akan hilang).

 

  1. Back Minus Front

Kalo shaping yang ini berkebalikan dengan front minus back, dari namanya juga jelas, shaping ini akan memberikan hasil berupa objek yang berada paling bawah dikurangi dengan objek-objek yang berada di atasnya. Gak perlu penjelasan lebih rinci lagi, contohnya dapat dilihat pada Gambar 10 berikut.

Shaping 10
Gambar 10. Back minus Front

 

  1. BONUS!

Hehe, kayak apaan aja ada bonusnya.

Nah, tapi jika kita melihat tool shaping di toolbar atas saat kita memilih dua/ lebih objek, di samping kanan back minus front masih ada satu tool lagi seperti terlihat pada Gambar 11 di bawah. Eh, dua sih, yang satu dipisahkan garis, yah itu karena sudah bukan termasuk bagian shaping lagi, melainkan adalah Align and Distribute.

Shaping 11
Gambar 11. last shaping

Baiklah, kembali ke Gambar 11 di atas, tool tersebut adalah Creates a new object that surrounds the selected objects.

Duh, panjang banget namanya!

Itu sih bukan nama, tapi udah penjelasannya. Jadi, sudah jelas banget kan maksud tool tersebut. Jika diartikan sih maksudnya menciptakan objek baru di sekeliling objek-objek yang terpilih. Gampangnya, bentuk objek hasilnya nanti seperti weld, tapi cuma garis tepi yang mengelilingi objek-objek terpilih tersebut. Walah, pokoknya gitulah (susah jelasinnya), intinya kayak Gambar 12 di bawah. Hasilnya sih mirip kayak Create Boundary.

Shaping 12
Gambar 12. Creates a new object that surround the selected objects

 

Yah, cukup sekian dulu deh, inilah akhir dari tutorial shaping di web ESA ini. Semoga bermanfaat, khususnya bagi ESA sendiri, terlebih lagi untuk sobat pengunjung semua. Nantikan hal-hal menarik lainnya hanya di https://elangsaktiart.wordpress.com/

NAVIGASI
Bagian 1 Bagian 2 <BAGIAN 3>

 

Advertisements

2 thoughts on “Tutorial Lengkap Shaping di CorelDraw (bagian 3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s