Tutorial Lengkap Shaping di CorelDraw (bagian 2)

NAVIGASI
Bagian 1 <BAGIAN 2> Bagian 3

Selamat pagi dan selamat beraktivitas, sobat. Ini adalah kelanjutan dari “Tutorial Lengkap Shaping” sebelumnya. Di bagian ini akan menjelaskan tentang tiga macam shaping, yaitu Weld, Trim, dan Intersect.

 

  1. Weld

Mungkin ini yang paling mudah dipahami. Ringkasnya, weld digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih objek menjadi satu. Dengan pemahaman “menggabungkan” saja, kalian pasti sudah mengerti, bukan? Coba perhatikan pada Gambar 3, dengan menyeleksi/ memilih ketiga objek seperti terlihat di sebelah kiri, kemudian memilih tool Weld, maka hasilnya akan tercipta objek gabungan seperti di sebelah kanannya.

Shaping 3
Gambar 3. Teknik weld dengan menyeleksi semua objek secara langsung

Bila diperhatikan, terlihat bahwa objek hasil gabungannya menjadi berwarna biru, nah… ini yang seperti ESA sebutkan sebelumnya (baca bagian 1), posisi objek menentukan hasilnya. Yang perlu diperhatikan dalam Weld, yaitu objek yang dipilih terakhir adalah yang dianggap sebagai objek dasarnya, Dan dengan menyeleksi/ memilih keseluruh (ketiga) objek secara langsung, maka objek yang berada di posisi paling bawah lah yang dianggap dipilih terakhir. Sehingga bila dipahami di sini, artinya sebenarnya ini menggabungkan objek kotak dengan lingkaran & segitiga (bukan segitiga dengan lingkaran & kotak atau lainnya). Tetapi coba perhatikan pada Gambar 4, di sini ESA mencoba memilih objek satu per satu (tidak langsung memblok objek yang akan dimanipulasi), yaitu memilih objek segitiga terlebih dahulu kemudian tekan tombol shift di keyboard & pilih/ klik objek lingkarannya, lalu klik Weld, yang tercipta adalah objek berwarna merah. Karena (seperti penjelasan sebelumnya) objek lingkaran dipilih terakhir, maka lingkaran lah yang dianggap sebagai objek dasarnya yang digabungkan dengan segitiga. Sementara itu, objek kotak yang tidak terpilih, tetap seperti sedia kala.

Shaping 4
Gambar 4. Teknik weld dengan menyeleksi objek satu per satu

 

  1. Trim

Penjelasan mudahnya, trim merupakan cara untuk memotong suatu objek menggunakan objek lain (satu atau lebih). Dan sama seperti Weld, yang menjadi objek dasar yang akan dipotong adalah objek yang dipilih terakhir dan bila memilih keseluruh objek secara langsung (dengan membloknya) maka objek yang berada di posisi terbawah lah yang dianggap dipilih terakhir. Untuk lebih mudah memahaminya, coba perhatikan Gambar 5 di bawah, dengan memblok ketiga objek secara langsung seperti pada Gambar 5 bagian kiri lalu klik trim di toolbar, maka akan menghasilkan objek berwarna biru seperti pada Gambar 5 bagian kanan. Yang perlu dipahami di sini, bila menggunakan tool trim, maka objek pemotongnya (lingkaran dan segitiga) masih akan tersisa. Di gambar bagian kanan tersebut, objek hasilnya sengaja digeser sedikit menjauh agar terlihat bahwa sudah terpotong, sebenarnya hasil akan tetap berdekatan dengan objek lingkaran & segitiga.

Shaping 5
Gambar 5. Teknik trim dengan menyeleksi semua objek secara langsung

Selanjutnya ESA akan mencoba trim dengan melakukan penyeleksian satu per satu. Pertama dengan memilih objek kotak terlebih dahulu, kemudian objek lingkaran, dan klik tool trim. Perlu diingat lagi, karena lingkaran lah yang dipilih terakhir, maka objek lingkaran lah yang terpotong oleh objek kotak seperti terlihat pada Gambar 6.

Shaping 6
Gambar 6. Teknik trim dengan menyeleksi objek satu per satu

 

  1. Intersect

Intersect, seperti yang dipahami secara umum, yang berarti perpotongan. Intersect/ perpotongan di sini mungkin bisa dipahami sama seperti perpotongan pada materi matematika yang ada di sekolah. Yah, ESA yakin sobat semua pernah sekolah dan sudah mengenal istilah perpotongan ini. Ringkasnya, intersect di sini diartikan sebagai hasil perpotongan dari dua atau lebih objek. Untuk lebih mudah memahaminya, coba perhatikan Gambar 7 di bawah. Dengan menggunakan ketiga objek yang sudah tersedia, seperti pemahaman perpotongan pada umumnya, yang menjadi hasil perpotongan adalah daerah yang dimiliki oleh / tempat bertemunya ketiga objek tersebut, yang mana ESA warnai dengan warna kuning pada Gambar 7 di bawah. Sedangkan bila hanya intersect objek kotak dengan lingkaran, maka hasilnya adalah yang diwarnai dengan warna orange (beserta kuning). Dan bila intersect objek segitiga dengan lingkaran, maka hasilnya adalah yang diwarnai dengan warna pink (beserta kuning).

Shaping 7
Gambar 7. Teknik intersect

Konsep hasil intersect/ perpotongan ini juga berlaku di corelDraw, hanya saja warna objek hasilnya nanti akan mengikuti warna objek dasarnya, berlaku sama seperti pada weld dan trim, yang menjadi objek dasar adalah yang dipilih terakhir.

NAVIGASI
Bagian 1 <BAGIAN 2> Bagian 3

 

Advertisements

2 thoughts on “Tutorial Lengkap Shaping di CorelDraw (bagian 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s