Tutorial Lengkap Shaping di CorelDraw (bagian 1)

NAVIGASI
<BAGIAN 1> Bagian 2 Bagian 3

Selamat pagi dan selamat beraktivitas, sobat. Kali ini ESA ingin berbagi sebuah tutorial dasar. Mengingat di dua tutorial sebelumnya, yaitu tentang “Membuat Deretan Garis Yang Mengikuti Objek Melengkung” dan “Membuat Perpotongan Menyilang Yang Melengkung”, ESA cukup sering menggunakan shaping, maka dari itu kali ini ESA ingin berbagi tutorial dasarnya tentang shaping. Kali aja masih ada yang bingung tentang shaping ataupun cara penggunaannya. Kalau masih ada yang bingung, bisa menyimak penjelasan di tutorial kali ini. Oke, langsung aja kita membahas tutorial shaping kali ini.

Di corelDraw, ada beberapa macam teknik shaping, yaitu Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, dan Back Minus Front. Penjelasan tentang masing-masing teknik ini akan dijelaskan nantinya. Untuk dapat menggunakan teknik-teknik shaping ini di corelDraw (saat tutorial ini dipublish, ESA menggunakan corel X4), cukup dengan menyeleksi/ memilih dua atau lebih objek, maka tool shaping akan muncul di toolbar atas seperti terlihat pada Gambar 1 yang ESA kotak’i dengan warna merah (ditandai dengan nomer 1). Atau juga bisa dengan menampilkan jendela shaping di samping lembar kerja seperti terlihat pada Gambar 1 yang ESA kotak’i dengan warna biru (ditandai dengan nomer 2). Cara untuk menampilkan jendela tersebut adalah dengan menggunakan menu Windows > Dockers > cari dan klik pilihan Shaping.

Shaping 1
Gambar 1. Cara Menggunakan Shaping

Seperti terlihat pada Gambar 1 di atas, di tutorial kali ini ESA akan menggunakan tiga buah objek, yaitu kotak (dibuat dengan rectangle tool), lingkaran (dibuat dengan ellipse tool), dan segitiga (dibuat dengan polygon tool). Masing-masing objek ini, ESA berikan tiga warna berbeda, yaitu biru, merah, dan hijau, untuk memudahkan tutorial ini nantinya.

Secara pengertian, shaping sendiri bisa diartikan (kalo ESA yang mengartikannya loh) sebagai suatu teknik/ langkah untuk mendapatkan sebuah objek tertentu dari hasil memanipulasi dua atau lebih objek. Yang ESA maksudkan dengan manipulasi di sini adalah dengan menjadikan objek dasar (objek target manipulasi) digabung atau dipotong dengan satu atau lebih objek lain. Dan di sini perlu diperhatikan tentang peletakan/ posisi dari objek dasarnya (objek target manipulasi) terhadap objek pemanipulasinya, apakah berada di bawah atau di atasnya? Karena perbedaan peletakannya ini akan berpengaruh terhadap hasilnya nanti.

Salah satu cara untuk menentukan peletakan/ posisi setiap objeknya adalah dengan melihat posisi realnya di bidang gambar, cara mudah untuk melihatnya adalah dengan menumpuk objek-objek tersebut di bidang gambar seperti pada Gambar 2 yang sebelah kiri, terlihat bahwa objek kotak tertumpuk pada bagian paling bawah dan lingkaran berada paling atas. Hal ini dapat dilihat pula pada jendela “Object Manager” di sebelah kanannya (pada Gambar 2). Untuk menampilkan jendela tersebut adalah dengan memilih menu Windows > Docker > pilih/ centang Object Manager. Pada Object Manager tersebut terlihat terdapat tiga buah objek yang berada di Layer 1 Page 1 di mana terlihat jelas bahwa rectangle (kotak) berada di paling bawah.

Shaping 2
Gambar 2. Posisi objek kotak, segitiga, dan lingkaran

Untuk penjelasan dari setiap tekniknya, akan bersambung pada penjelasan di artikel berikutnya yah… Jadi nantikan saja tutorial shaping selengkapnya hanya di https://elangsaktiart.wordpress.com.

NAVIGASI
<BAGIAN 1> Bagian 2 Bagian 3
Advertisements

2 thoughts on “Tutorial Lengkap Shaping di CorelDraw (bagian 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s